Buah Bit


Buah bit merupakan sebuah tanaman yang mirip dengan ubi yang memiliki warna ungu, buah ini termasuk jenis ubi-ubian. Jika dilihat dari bentuknya buah ini menyerupai kentang. Manfaat terbesar buah bit adalah terletak pada akar tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi denan olahan Jus atau menjadi santapan tekstur lembut lainnya.

Daun buah bit juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikannya sayuran, namun buah bit ini lebih dikenal karena ubinya yang mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini memliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi namun lemak, kalori dan proteinnya memiliki kandungan yang sangat rendah. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan pigmen kuningnya yang terdapat pada buah bit inilah yang menyebabkan warnanya menjadi merah keunguan. Warnanya yang pekat ini membuatnya sering dipakai sebagai pewarna makanan yang alami dan aman.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah bit

Gizi yang terkandung dalam buah bit
dalah buah bit banyak sekali ditemukan sejumlah nutrisi sebagai berikut ini:


  • Asam folat
  • Kaliumen
  • Serat
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Triptofan
  • Caumarin
  • Betasianin


Manfaat Buah Bit

1. Mencegah hipertensi

Sdah terbukti secara nyata, dengan meminum jus  yang terbat dari bah bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, dengan meminum jus buah bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

2. Dapat meningkatkan stamina tubuh

Penelitian yang dilakukan di Universitas Exter di Inggris menyatakan, dengan meminum jus buah bit bisa membantu orang berolah raga 16%  lebih lama karena kandungan nitratnya mengurangi pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capek dapat berkurang.

3. Mencegah anemia

Buah yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

4. Dapat mengurangi masalah pada pencernaan

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual, nyeri, atau diare, bisa minum jus buah bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi kembung di perut.

5. Sebagai pembersih alami bagi ginjal dan juga empedu

Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

6. Dapat mengatasi masalah ketombe pada rambut

Untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut indah Anda, cobalah dengan merebus buat bit in, lalu oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramaslah

7. Untuk dijadikan pewarna makanan yang alami

Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah terang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

8. Sebagai pewarna rambut alami

Bila Anda akan mewarnai rambut  dengan bubuk henna, coba pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.



nah itulah beberapa manfaat dari buah bit, semoga bermanfaat, terima kasih...

Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi:
wa   : 081294919919 (Tsel/WA)
web : agenbuahbit.blogspot.co.id

Komentar